Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Pelayanan di Bidang Cukai dalam Masa Tanggap Darurat COVID-19

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor SE-05/BC/2020 tentang Pengawasan dan Pelayanan di Bidang Cukai dalam Masa Tanggap Darurat Akibat Wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pengajuan dokumen Pemberitahuan Mutasi Barang Kena Cukai (CK-5) untuk pemasukan kembali barang kena cukai yang telah dilekati pita cukai desain tahun 2019 dari peredaran bebas untuk diolah kembali atau dimusnahkan, diajukan paling lambat tanggal 1 Agustus 2020.
  2. Pemasukan kembali barang kena cukai ke dalam pabrik untuk diolah kembali atau dimusnahkan atau ke tempat lain di luar pabrik untuk dimusnahkan, dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal CK-5.
  3. Kegiatan pelekatan pita cukai dapat dilakukan ke merek milik Pengusaha Pabrik yang sama di bawah pengawasan Kantor Bea dan Cukai yang berbeda berdasarkan surat persetujuan yang diterbitkan oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai yang menerbitkan CK-1/CK-1A paling lambat 30 Juni 2020.
  4. Pelayanan dokumen Pemberitahuan Mutasi Barang Kena Cukai (CK-5) sedapat mungkin menggunakan mekanisme CK-5 mandiri dengan pertimbangan Kepala Kantor dan dalam hal dilakukan penyegelan maka proses penyegelan di tempat asal dan pembukaan segel di tempat tujuan dilakukan secara elektronik (video call).
  5. Kegiatan pencacahan barang kena cukai berupa etil alkohol dan minuman yang mengandung etil alkohol yang berada di pabrik dan/atau tempat penyimpanan untuk periode bulan April dan Mei 2020 tidak dilakukan, tetapi dilakukan sekaligus pada pencacahan bulan Juni 2020.

Demikian disampaikan untuk dapat dipahami dan dimaklumi, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *