No. SOP:

25/TMPB/2017

 

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006.
  2. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  4. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 01/PM.4/2008 tentang Kode Etik Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
  5. Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-23/BC/2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tugas Unit Kerja Kepatuhan Internal di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
  6. Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-154/BC/2012 tentang Tata Cara Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

 

Persyaratan dan Perlengkapan

Laporan pengaduan harus disertai:

1) kelengkapan dan kejelasan identitas pelapor; dan

2) kelengkapan dan kejelasan informasi yang disampaikan.

 

Laporan pengaduan tersebut harus melalui saluran pengaduan resmi:

1) Petugas penerima pengaduan;

2) Telepon;

3) Surat;

4) Kotak pengaduan;

5) Faksimili;

6) Layanan SMS Pengaduan;

7) Surat elektronik (e-mail) ; atau

8) Saluran pengaduan resmi lainnya.

 

Jangka waktu Penyelesaian

Penerimaan Pengaduan dilaksanakan paling lama 30 menit.

 

Biaya

Tanpa biaya.

 

Flowchart